Minggu, 07 November 2010

Le Grand Voyage


Merasa berdosa ni tidak aktif lagi. Sulit bagi gw buat tetep aktif di blog. Ge masi utang postingan review film. Well, gw ngaku sering males, hahaha. Tapi sekarang gw niat kok. Ni buktinya gw tulis review gw (walaupun gw bukan kritikus film atau spesialis kritikus film, jadi ini benar-benar subjektif). Here we go, Le Grand Voyage !

Starring: Nicolas Cazale, Mohamed Majd, Jacky Nercessian, Ghina Ognianova, Kamel Belghazi
Directed by: Ismael Ferroukhi
Genres: Art House & International, Drama
Release Date: April 8, 2005
DVD Release Date: March 28, 2006

Film perancis ini menceritakan tentang perjalanan seorang anak (Nicolas Cazale) yang mengantarkan ayahnya (Mohamed Majd) yang notabene keturunan Maroko pergi naik haji melalui jalan darat. Yap, film ini bergenre roas movie, ya semacam 3 Hari Untuk Selamanya, namun kontennya di sini jauh berbeda. Walaupun kemasannya sedikit condong ke agama tertentu, namun isi yang ditawarkan lebih dari itu. Drama tentang seorang ayah yang penganut agama Islam taat dengan anaknya yang telah terseret budaya barat. Bukan mengasosiasikan budaya barat jelek sepenuhnya, tapi si anak bengal ini terlalu jauh masuk ke dalam budaya yang dilarang oleh agamanya. Dan situlah drama terjadi.
Anda-anda yang merasa banyak dosa sama babe, bokap, papa, papi, ayah, bapak masing-masing layak nonton film ini. Bagaimana kedua orang ini berinteraksi dari rumah mereka di perancis sampai mekkah. Banyak yang terjadi. Banyak hal semiotik terjadi di sepanjang perjalanan. Dan tentu saja, kemistri bapak-anak ini begitu mendalam. Akting Niclas Cazale yang selengekan diadu dengan akting dingin Mohamed Najd bener-bener sempurna.
Gw gak tau apa yang harus direview lagi dari film ini. Yang jelas film ini sukses bikin gw mewek dan langsung rindu babe pas di endingnya. Percaya deh, this movie is beautiful and have something important to tell about!

Tidak ada komentar: