Kamis, 19 April 2012

Another Year (2010) Lovely Movie about Lovely People


Film drama, khususnya drama keluarga yang berhasil, menurut saya dibangun melalui penokohan karakternya. Entah seklise atau sesederhana apapun plotnya, apabila karakter yang didalamnya hidup dan dapat membangkitkan chemistry yang kuat, film drama tersebut akan berhasil, setidaknya di mata saya. Ingat Little Miss Sunshine? Rabbit Hole? Atau The Sister’s Keeper? Selain memang didukung plot yang menarik, tapi yang dominan disini adalah penokohan karakter. Dan tenu saja ini harus didukung oleh departemen akting yang mumpuni.

Dan begitu juga dengan film Another Year, film yang disutradarai Mike Leigh ini menawarkan kehangatan di setiap segmennya. Another year bercerita tentang kehidupan Gerri (Ruth Sheen) dan Tom (Jim Broadbent), pasangan romantis yang telah berusia senja, dalam menjalani empat musim kehidupan, spring, summer, autumn dan winter. Gerri dan Tom, adalah pasangan yang hangat, menyenangkan dan dikelilingi orang-orang yang menyenangkan namun tidak bernasib sama. Terdapat Joe (Oliver Maltman), anak semata wayang mereka yang hingga umur 30 tahun belum mendapat pasangan, Mary (Lesley Manville)  rekan kerja Gerri yang merasa insecure setelah ditinggal suaminya dan menaruh hati pada Joe, Ken (Peter Wight)  teman  Tom yang pasrah hidup dalam kesendirian sambil menanti umurnya habis dan Ronnie (David Bradley) kakak dari Tom yang depresi setelah istrinya meninggal dan juga dimusuhi oleh anaknya sendiri. Gerri dan Tom bagai dikelilingi oleh manusia yang hangat namun punya rasa dingin yang dirasakan. Pada titik ini, sadar atau tidak, Gerri dan Tom, adalah orang yang sangat berarti bagi mereka.

Sudah lama saya tidak merasakan sebuah hiburan yang “hangat” di hati, dan Another Year mewujudkannya. Gerri dan Tom, entah kenapa mata saya tidak bisa lepas dari mereka. Kalau ada kandidat pasangan paling romantis selain Romeo Juliet, Jack dan Rose di Titanic, atau Glen dan Marketa dalam film Once, maka nominasi selanjutnya mungkin kedua orang ini. Melihat kebersamaan, kekompakan, cara berkomunikasi mereka yang sempurna, sungguh memberi kehangatan tersendiri, bukan hanya bagi Mary, Joe, Ken dan Ronnie, tetapi juga bagi para penonton film ini. Akting Ruth Sheen dan Jim Broadbent  sangat apik, chemistry yang dibangun sangat sempurna. Gerri dan Tom mewakili seluruh kakek nenek yang romantic di dunia ini. Sweet.

Yang paling mencuri perhatian dalam film ini adalah Lesley Manville yang berperan sebagai Mary. Mary yang cerewet, gugup, menyenangkan sekaligus getir dalam kesendiriannya, ditampilkan apik oleh Leasley. Selain itu penampilan Joe, Ken dan Ronnie juga tidak kalah mencuri pehatian. Mereka berhasil menampilkan sisi getir orang-orang menyenangkan walaupun porsinya berbeda-beda.

Selain itu naskah yang juga ditulis oleh ini Mike Leigh tentu saja menjadi jawaranya. Membagi film menjadi 4 segmen (dan sedikit mirip omnibus karena banyak karakter dengan penokohan dan masing-masing mempunyai kekuatan cerita sendiri-sendiri) membuat film ini menarik. Dimulai dari musim summer yang memang menyimpan keceriaan hingga musim dingin yang dalam ceritanya juga ditampilkan “dingin”. Semuanya hampir sempurna. Mungkin salah satu kelemahan (ya, setidaknya bagi saya) adalah ujung dari tiap nasib insan yang saya sebutkan tadi. Mungkin memang didesain menggantung, tapi bagi saya ada yang kurang dalam penyeleseiannya. Selain itu tempo yang lambat plus durasi yang cukup melelahkan bagi saya juga sedikit menganggu. Sedikit saja kok, soalnya semua itu terbayar dengan melihat dan merasakan Gerri dan Tom. Loveable.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Gw pinjem dong film nya...

Nanda Bagus mengatakan...

ada di rumah, sinilah sini