Jumat, 18 November 2011

Wishlist

Iya, ini bukan bulan Juni. Iya tahun baru masih dua bulan lagi.Tetep kan gak ada salahnya punya wishlist gitu, jadi perkenankanlah saya menyebut wishlist saya yang utama ini (setidaknya dalam jangka pendek ini) : pensiun dari kacamata.

Tapi beneran, akhir-akhir ini saya sering terganggu dengan benda yang nongkrong di hidung ini. Terhitung udah hampir 6 tahun saya menjadi pengidap mata minus (dan slindris). Dulu mah, kirain pake kacamata itu bisa menaikkan level kegantengan dan menaikkan citra intelektualitas (-__-). Secara, kacamata (dulu) entah kenapa menjadi simbol "orang pandai". Liat dokter-dokter pake jas lab dan kacamata, sepintas bakal keliatan cerdasnya. nah, itu sebabnya ketika divonis mata minus dan silindris pertama kali, saya mah asik-asik aja.



Bencana mulai kerasa pas masuk kuliah. Temen main saya pas sma: ps2, ternyata punya efek buruk sama mata. Lulus sma coba cek mata lagi, sekalian ganti model frame karena udah gak jaman (tetep, gaul yang dikejar hahaha). Kenyataan tak dapat dihindari, silinder saya naik dari 1,5 jadi 3 sodara-sodara. Kaget, tapi terus ya biasa aja. Yang kepikiran bukan nominal silinder berapa, tapi model frame tetep (ah, najis nih postingan hahaha)

Tapi mulai saat itu, gangguan penglihatan mulai kerasa. Pusing adalah hal paling sering kerasa. Apalagi misal gak pake kacamata, jarak sepuluh meter udah gak bisa ngebedain muka orang. 


Tapi kecuekan berlangsung kembali.


Sampe akhirnya ini yang paling tobat, awal tahun, ada rencana ganti frame lagi (bukan perkara model, tapi emang lensa sempet pecah dan frame yang rada mlengse bautnya, jadi suka miring gak jelas. Cek mata lagi (gratis kalo cuman ngecek), dan silinder naik lagi. Yassalamm. Gak parah sih, tapi tetep aja, masih di level 3 itu menakutkan.


Yang paling parah adalah lensanya. Perhatian buat pengguna kacamta baru yang orangnya cerobh dan suka ngasal naruh kacamata, mika bukanlah jawaban yang tepat. Memang ada kelebihan lebih awet karena resiko pecah lebih sedikit ketimbang lensa biasa (kaca), tapinya, kalo udah kegores dikit, ya wasalam. Ini terjadi di lensa silinder saya (yang kanan minus biasa, yang kiri silinder). Goresannya mantap, awalnya cuman segaris dan gak ngefek. Tapi lama-lama goresannya beranak pinak, dan efeknya : blur. Rasanya kayak kacanya kotor tapi percuma dibersihin karena gak bisa ilang. Endingnya, suka bikin pedes di mata dan bahaya kalo buat naek motor malem-malem. Jadi buat pengguna kacamata yang ceroboh macem saya, mending pilih lensa biasa, atau kalo punya duit lebih bisa pilih lensa opthalmik (biasanya merek Essilor) yang emang punya banyak kelebihan mulai gak gampang kegores, anti silau (penting ini), dan anti kotor.


Tambah lagi. kacamata yang full frame plastik itu sangat mendukung kegerahan jiwa raga. rasanya gerah (belakangan cuaca suka panas berebih) dan misal udah keringetan parah (abis olahraga gitu) keringtet ngocor dan lensanya kena uap keringet. Bah. It is so so so so annoying.
  
Jadi akhir-akhir ini saya kepikiran untuk pensiun pake kacamata dan BUKAN beralih ke soft lens juga. Lah berarti kudu sembuh yak? hehehehe.... 

Buang pikiran pake kacamata itu keren, modis dan blablabla (gak ngerti konsep kacamata-kacamata gaya jaman sekarang). Pake kacamata itu capek beneran, dan tanya semua pengguna kacamata (bukan buat gaya), pasti mereka pengen lepas kacamata juga. Pasti!


jadi bersyukurlah anda-anda yang masih diberkahi mata normal...

4 komentar:

Haryo Kusumo mengatakan...

yg penting jgn pake kacamata pas maen kasti.. bisa berbahaya!!
kalo bwt olahraga emg kcamata bth dipakaikan karet kali, biar ga mlorot2...

Nanda Bagus mengatakan...

wukukakak...
mase curhat?
btw emang ada gitu karet tambahan???? (nanya seriuss)

Haryo Kusumo mengatakan...

ya karet gelang biasa nu... *hidup pramuka*

Nanda Bagus mengatakan...

anak pramuka pakenya rotan om kalo enggak ada yang baru pake akar