Rabu, 26 Oktober 2011

Saudara : kenal tapi gak kenal

Bagi saya, ada satu hal yang paling susah dilakukan di dunia ini : ngapalin nama saudara-saudara. Entah kemampuan mengingat saya yang parah atau gimana, yang jelas saya punya masalah serius untuk hal ini. Mungkin, buat yang keluarga dan leluhurnya yang sudah menganut "2 anak cukup" gak akan menemukan kesulitan yang berarti. Tapi, keluarga yang nenek kakeknya menganut tren "banyak anak banyak rejeki" menjadikan generasi-generasi penerusnya ini kesulitan dalam mengidentifikasi saudara-saudaranya sendiri.

Untuk masalah beginian, momen paling "pecah" adalah ketika lebaran tiba. Semua dateng, kumpul, nguplek dalam satu rumah. Acara tahunan kayak gini gak bisa dihindari. Acar intinya sih cuman sejam dua jam. tapi semua itu berasa kayak sehari full karena ya satu itu, gak kenal orang per orang. Ya kadang diselingi ngobrol dikit-dikit, tapi percayalah, 80% yang saya lakukan di acara itu cuman mesam-mesem, nyengir dan tentu saja ketawa basa-basi.


Kenalan? pernah, tapi entah mungkin merasa gak ada kedekatan personal atau gimana, jadinya ya itu lupa lagi lupa lagi apalagi banyak yang namanya mirip-mirip, mentok adalah kenal muka. Pada akhirnya saya akalin dengan nyebut saudara dengan domisilinya atau daerah tempat tinggal, yang paling absurd emang nyebut bude jakarta (secara bude saya di Jakarta itu bejibun), Semua itu tarafnya masih mendingan, ada yang lebih parah lagi, khususnya dari sodara-sodaranya Babe. Emang mungkin gak dikenalin dari kecil jadinya ya gak pernah ngerti. Serius, dari sebejibun saudara-saudara Babe yang ada di luar sana, yang saya hafal paling sekitar 6 atau 7 orang. Kalau kasus ini, memang kebanyakan gak kenal, gak pernah ketemu karena tiap kumpul bareng pasca lebaran yang berangkat cuman emak sama babe. Baru akhir-akhir ini saja saya tahu (itu juga dari cerita) kalau punya saudara si A, B ampe Z. Dan siapa sangka ternyata, Yu Rebi (pecinta kuliner Solo pasti tau) masih ada hubungan saudara sama Babe meskipun gak langsung (serius, saya ngarepnya Steve Job, atau pak BJ Habibi gitu). 

Tapi makin ke sini, saya makin ngerti konsekuensi buruk dari apa yang saya alamin. Kuper jelas, tapi yang lebih ngenes lagi, saya jadi melewatkan banyak kesempatan bagus yang bisa diperoleh jika saja saya kenal mereka dari dulu-dulu. Punya saudara banyak sebenarnya sama halnya dengan punya banyak jaringan. Dan jaringan atau network itu penting, gak cuman masalah karir, tapi lebih daripada itu.

Hal ini saya coba buktikan, beberapa waktu yang lalu ketika saya ke Jakarta buat ikutan lomba, satu hari sebelum kepulangan, saya nekat untuk nginep di rumah salah satu bude saya. Berbekal nomor hape, saya menuju ke rumah bude, yang jauh di ciledug (ceritanya abis main ke dufan). Jujur, saya belum pernah ketemu sama saudara saya satu ini, kenal aja enggak. Setelah nyampe, saya disambut hangat keluarga baru saya ini. kenalan satu-satu, dan entah kenapa yang kemarin itu saya ngobrolnya enak banget, biasanya canggung abis. Malah salah satu anaknya bude ada yang satu hobi, yaitu ngegim RPG. Sampe sekarang juga sering ngobrol lewat dunia maya. Ternyata, gak hanya not bad at all, tapi it's fun. Serius.

Saya, sedikit demi sedikit, mulai merubahnya, mendekatkan diri, coba-coba lebih terbuka (sumpah, dulu saya masa bodoh banget sama sodara-sodara jauh). Semakin kenal orang banyak, semakin pintar menjalin hubungan, semakin banyak pula kesempatan-kesempatan datang. Selain itu, bukankah menjalin silaturahmi itu baik?

Tidak ada komentar: