Sabtu, 29 Oktober 2011

Nonton Stand Up Perdana

Ini sedikit oleh-oleh dari perhelatan Stand Up Comedy Solo kemarin. Akhirnya, setelah wara-wiri di dunia maya dan dunia peryoutube-an, Stand Up comedy nongol juga di Solo (nggak lama setelah Jogja). Saya pun juga gak serta merta langsung nonton (soalnya suka yakin gak yakin mau berangkat apa enggak), kemarin adalah perhelatan #JumatKumat ketiga kalau gak salah sebut. 



Walaupun agak molor sekitar 15 menit, dan "hanya" menampilkan comic lokal, tapi secara jeseluruhan tidak mengecewakan. Total ada 7 comic yang tampil. Ada beberapa comic (lupa namanya, sound system rada mendem, jadi gak begitu kedengeran suaranya) yang berhasil mengocok perut saya, tapi ada juga sih (mungkin baru sekali ini open mic) yang masih keliatan menghafal materi (nervous mungkin ya) dan otomatis menimbulkan krik-krik moment. Tapi saya cukup salut dengan mereka (ada yang masih SMA loh) buat tampil, serius, bikin ketawa orang itu bukan pekerjaan yang mudah. Walaupun saya cuman modal bacot doang di sini, tapi saya cukup ngerti kesulitan-kesulitannya, apalagi kalau udah ketemu "blank moment".

Yang bikin sayang adalah venuenya. Coffe corner Sangat tidak mendukung. Model venue yang terlalu banyak sekat tentu saja menggangu penonton, dan terlalu remang-remang (jujur, efek remang-remang ini sebenernya gak perlu). Iseng saya ngeliat ke atas, dan pantes, cuman bohlam 5 watt yang nempel. Mungkin yang dimaksud ngasi efek "spotlight" gitu sama comic yang tampil, namun buat saya it was too much. Tapi ide diskon 20% kalo pake batik oke juga, meskipun kafenya gak ada sentuhan batik sama sekali.

Kedua, ada penontonnya sendiri. Mungkin emang gak semuanya, tapi dimana-mana selalu saja ada penonton bodoh nan ngeselin. Jadi begini, kebetulan saya dan temen-temen duduk di deket sekumpulan mbak-mbak fashionable gitu. Yah, namanya juga dateng stand up, jadi disitu kita berlaku sebagai penonton. Mungkin nih, karena yang perform yang pertama-pertama rada kurang greget, jadi mereka tinggal ngobrol. Mana keras banget ngobrolnya. Ada dua hal kemungkinan yang saya catat (halah) mereka sebenarnya gak ngerti stand up comedy, yang kedua, mereka adalah tipikal penonton Indonesia yang norak. Maksudnya gini, volume obrolan itu otomatis ngeganggun suasana stand up (secara veuenya kecil), sama sekali gak ngasih apresiasi. Cantik sih emang, tapi kelakuan begitu, ilang cantiknya. Saya akui, kalo ngobrol, saya juga ngobrol, itu juga bisik-bisik karena mbaknya lupa ngasih gula ke kopi saya #senewen.

Tapi overall saya salut sama yang stand up, bahkan ada comic dadakan, yang gak kalah lucu, meskipun minim materi. Ah gimana kalo nonton soleh solihun, radit, pandji atau miund lagi stand up secara langsung nih hahahaha. bisa orgasme di tempat nih!



Tidak ada komentar: