Sabtu, 31 Desember 2011

Happy New Year !

Angka ini sebenernya jadi menyeramkan waktu dipasang sebagai judul film yang menggambarkan "kiamat." 2012. Tapi sekarang, ya mau tidak mau waktu bergerak ke angka tersebut. Iya, pergantian tahun. Tahun baru. Happy new year dan sebagainya.

Sebenarnya, setiap tahun (namanya juga annual) ada 2 agenda penting yang dilakukan manusia tiap tahun baru. Ada yang menggembar-gemborkan, ada yang diem aja, bahkan ada juga yang bingung (dan tetep ada yang nyinyirin tukang gembar gembor). Hehehe, ya apalagi, resolusi untuk mendatang dan kaledoskop untung yang sudah-sudah.


Dua hal yang bertolak belakang tapi menurut saya sangat penting. Resolusi bagi saya adalah penentuan target-target baru, tujuan beserta indikator-indikator. Penting karena dengan begitu, kita gak bakal bingung, tahun depan itu mau ngapain. Ada yang bilang, resolusi bisa dibikin tiap hari. Saya gak sepenuhnya setuju, itu bukan resolusi, tapi lebih ke to do list. Resolusi bagi saya butuh momentum, dan pasti juga banyak yang butuh momentum. Yang bisa ngerasain ya pribadi masing-masing, kapan momentumnya. Dan pergantian tahun itu sebuah momentum besar. Iya emang itu cuma angka, tapi percaya kita masih mengacu pada angka tersebut.Jadi resolusi itu penting, untuk digembar-gemborkan, itu hak masing-masing. Bagi saya sih terserah, bukan hal yang buruk, asal diri sendiri punya komitmen terhadapnya.

Lalu kaledoskop. Ini sebenernya lebih niru bahasa acara infotaiment hehehehe. Ini merupakan bentuk intropeksi, bentuk refleksi diri. Apa yang udah terjadi, apa yang udah dilakukan. Kita patut berterima kasih akan adanya waktu, karena mengenalkan kita pada kesalahan dan kebenaran, dimana masing-masing mempunyai pelajaran penting yang bisa diambil.

Pada akhirnya, dua hal itu berkomplementer satu sama lain. Resolusi tanpa melihat kaledoskop sebagai bentu intropeksi akan percuma. Karena pasti hanya akan mengulangi kesalahan yang sama. Intropeksi tanpa resolusi juga sama saja. Udah berbenah, tapi tidak menentukan kemana tujuan selanjutnya. 

Segala macam perayaan, itu merupakan hak masing-masing. Bukan hal yang salah (suka males sama orang yg nyinyir atau nyindir-nyindir hahaha). Katakanlah itu bisa jadi penghargaan diri sendiri, peristiwa memperingati sebuah momentum. Jauh dari perayaan, jangan lupa terhadap perenungan. Bikin list apa yang sudah terjadi dan apa yang akan diraih. 

Dan sudah barang tentu, do your amazing list!
Happy New Year 2012 :D

~and thanks God I'm still alive~

Tidak ada komentar: